Header Ads

ad

QR Code : Cara Baru Akses Informasi


Sejak beberapa bulan yang lalu, jika kita perhatikan ada semacam gambar atau kode berupa titik-titik berbentuk kotak bujur sangkar berwarna hitam di bagian kolom berita di beberapa koran nasional atau digedung-gedung perkantoran seperti di Jepang. Yupp, kotak kode itu disebut QR code. Dimana teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan interaksi dengan pembacanya.
Kita tentu penasaran, apa sih sebenarnya QR code itu? OK inilah jawabannya. QR code adalah suatu jenis matriks kode atau barcode dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Pak Denzo Wave yang pada waktu itu (1994) merupakan sebuah divisi Denso Corporation, perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota Group.
Oh ya, QR adalah kependekan dari quick response, sebuah harapan dari pembuatnya bahwa nantinya kode ini akan dapat di-decode dengan cepat. Awalnya, QR code digunakan untuk mendata suku cadang kendaraan dalam perusahaan, namun kini penggunaannya semakin meluas apalagi setelah spesifikasi QR code diperkenalkan ke publik.
Tidak seperti barcode yang sering kita lihat tertera pada kemasan barang di supermarket, dimana hanya satu sisi saja yang mengandung data. Sedangkan QR code mempunyai dua sisi yang berisi data sehingga lebih banyak memuat informasi dibandingkan barcode biasa. QR code dapat menampung berbagai informasi berupa URL suatu situs internet yang dapat ditampilkan pada majalah, iklan, atau media lainnya sehingga para pengguna ponsel yang memiliki aplikasi pembaca QR code dapat langsung memindai dan masuk ke situs internet yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya.
Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untuk aktivitas marketing dan promosi. Hampir semua jenis hape di Jepang dan Korea bia membaca QR code. Dan kode ini mulai dicoba di berbagai media di Eropa.

Selain dimanfaatkan pada media cetak, QR code juga bisa diaplikasikan untuk keperluan lain seperti penunjuk arah atau penunjuk tempat wisata. Saat kita sedang berada di tempat wisata yang memiliki area yang luas dan kita baru pertama kali mengunjungi tempat wisata tersebut, tentunya kita membutuhkan buku panduan atau denah dari tempat wisata yang kita kunjungi. Maka dengan adanya QR code yang dipasang di berbagai tempat atau dijalan-jalan, ketergantungan akan buku panduan dapat dikurangi.
Bagi Anda yang memiliki group band, QR code juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan promosi penjualan album. Hal ini banyak dilakukan group band asing, seperti duo asal Inggris, Pet Shop Boys. Caranya tinggal memasang iklan berupa QR code di majalah, poster, atau media cetak lainnya, dimana QR code itu memaparkan segala sesuatu yang ingin disampaikan melalui situs internet.

Untuk memanfaatkan teknologi ini, hape yang kita pakai kudu punya kemampuan untuk bisa mengakses internet. Untuk membaca QR code, jalankan aplikasi QR code reader dan arahkan kamera hape Anda ke letak QR code dipasang. Dengan cara memotret barcode dua dimensi itu, maka secara otomatis hape akan langsung terkoneksi ke URL yang bersangkutan sehingga tidak perlu lagi mengetik alamat URL yang terlalu panjang untuk mendapatkan info-info lewat hape.
Untuk mendapatkan aplikasi reader, di internet tersedia berbagai aplikasi reader yang bisa didownload secara gratis. Anda dapat mengunduh secara langsung lewat hape di alamat http://dakode.mobi, jenis ponsel Anda akan dideteksi secara otomatis. Kemudian tinggal download sesuai tipe hape dan selanjutnya instalasikan ke hape Anda. Selain itu, Anda bisa juga klik http://quick-mark.cn

Selamat mencoba ya!!


Tidak ada komentar