Header Ads

ad

Mengapa langit berwarna biru ????

Cahaya yang merambat termasuk cahaya yang dipancarkan matahari terdiri dari beberapa spektrum cahaya yang mempunyai panjang gelombang masing-masing.  Spektrum cahaya  dengan panjang gelombang terpanjang adalah merah, sedangkan yang terpendek adalah biru dan violet. Semakin pendek panjang gelombang semakin tinggi frekuensinya.
Cahaya matahari pada saat memasuki atmosfir akan bertumbukan dengan atom oksigen dan atom nitrogen. Spektrum cahaya dengan panjang gelombang terpendek akan lebih menyebar akibat proses tumbukan ini. Karena violet dan biru adalah spektrum dengan panjang gelombang terpendekmaka langit akan tampak berwarna violet atau biru. Selanjutnya, dikarenakan mata manusia lebih sensitif terhadap warna biru dibandingkan warna violet, maka kita akan melihat langit berwarna biru.
Tetapi mengapa ketika pagi hari atau senja, langit menjadi berwarna merah / kuning / jingga ?
Pada pagi hari ataupun senja, sering cahaya matahari berubah warna menjadi merah atau kuning. Pada kondisi seperti ini, cahaya matahari menempuh jarak lebih jauh untuk mencapai mata kita, sehingga semakin banyak cahaya yang dihamburkan. Yang banyak tersisa adalah cahaya dengan panjang gelombang yang panjang atau frekuensi rendah, yaitu merah / kuning / jingga.

Tidak ada komentar