Header Ads

ad

Nokia 5530 Xpressmusic VS Samsung SGH S5233 Star WiFi


Pertarungan dua hape touch screen di kelas menengah mulai tak terelakan lagi dan makin kompetitif. Memanfaatkan kelengkapan koneksi nirkabel dan respons di user interface untuk menebar pesona end user membuat persaingan semakin panas. Jika Nokia punya 5530 Xpressmusic, maka Samsung tak mau kalah dengan mengusung Samsung SGH S5233 Star yang sudah dilengkapi dengan WiFi.
Pada postingan kali ini info-hape akan mengadu kedua hape ini dari segi interface dan konektivitas. OK deh langsung saja!!

Interface
Kalo menyoal respons di user interface apakah responsif apa nggak, bisa dibilang keduanya memiliki respon yang hampir sama. Baik Nokia 5530 Xm maupun SGH S5233 bisa dengan mudah mengikuti instruksi dengan sentuhan pada layar hape. Secara otomatis, fitur yang kita inginkan untuk tampil dapat segera dan langsung bisa dieksekusi.
Keunggulan layar kedua hape ini adalah sudah dibenamkannya Accelerometer yang bisa mengubah layar dari landscape menjadi portrait ataupun sebaliknya. Eits…nggak itu aja, ada tambahan lainnya, yaitu keypadnya bisa berubah menjadi layar sentuh qwerty ketika kita ingin mengetik SMS. Otomatis, proses pengetikan pun mudah dilakukan. Mantap kan?
Lalu bagaimana dengan ukuran layar? Untuk layar, kedua hape ini memiliki screen yang lapang. Pada Nokia 5530 Xpressmusic berukuran 2.9 inci dengan ketajaman warna 16 juta warna. Dengan dukungan resolusi 640x360 pixel membuat Nokia 5530 Xm terlihat jernih saat melihat video, foto, dan games 3D. sementara di Samsung SGH S5233 Star WiFi terdapat kepadatan warna hingga 256 ribu warna dengan resolusi 240x400 pixel dan ukuran layar 3 inci. Dari segi kenyamanan mata secara visual, Nokia 5530 Xm lebih unggul karena memiliki kepadatan warna hingga 16 juta warna. Selebihnya, semua hampir berimbang, karena teknologi touch screen yang dimiliki oleh kedua hape tak jauh berbeda. Keduanya mengadopsi TFT resistive touchsreen.
Masih ngomongin tentang layar, sebenarnya masih ada satu lagi kelebihan lainnya dari kedua hape ini sebagai penunjang. Apakah itu? Smart Unlock yaitu pengunci khusus untuk keamanan layar.

Konektivitas
Sangat mengherankan, ternyata kedua hape ini sama-sama tidak memiliki jaringan yang bagus dan berada dibawah 3G. Kendalanya ada pada koneksi jaringan yang ditanamkan. Koneksi ke internet akan lambat merayap bila berada di area dengan tingkat kepadatan traffic yang signifikan.
Bermodalkan EDGE Class 12 di koneksi jaringan operator, membuat SGH S5233 Star WiFi kurang maksimal untuk jalan-jalan di dunia maya. Apalagi, jika harus login ke situs-situs jejaring sosial, kerap kali terasa lelet. Begitu juga dengan Nokia 5530 Xpressmusic, yang hanya mengandalkan EDGE 32 yang kurang bisa wus..wus..wus..untuk masuk ke situs favorit.
Untungnya, kedua hape ini sudah dibekali dengan Wireless Fidelity (WiFi) untuk hotspotan. Jika sudah bisa diselaraskan dengan koneksi setempat, Anda bisa langsung browsing tanpa dibebankan biaya asalkan memang sudah bisa dipastikan tempat tersebut gratis dan tak terlindung oleh password. Untuk yang satu ini, Anda nggak perlu khawatir, karena kedua hape ini sudah memilikinya.

Jadi kesimpulannya, untuk urusan multimedia Nokia 5530 Xpressmusic lebih bertaji dibandingkan Samsung SGH S5233 Star WiFi. Selebihnya kedua hape ini memiliki kemampuan yang merata. Namun, jika Anda lebih mementingkan aspek harga, sepertinya Samsung SGH S5523 Star WiFi lebih terjangkau. So, keputusan ada ditangan Anda.






Tidak ada komentar