Header Ads

ad

Tanya Jawab Seputar Hape 2

Nokia 5730xm vs Nokia 5800xm
Mau nanya nih, antara Nokia 5730xm dan Nokia 5800xm mana yg bagus? Dari segi kamera, musik dan internet? Thx…

Jawab :

Dari segi kamera, keduanya memiliki kualitas yang sebanding, memiliki spek kamera yang sama, yaitu resolusi 3.15MP, lensa Carl Zeiss, autofokus, dan LED flash. Namun, layar Nokia 5800 yang lebih gede, membuatnya lebih nyaman dipakai untuk membidik obyek dan mencari komposisi yang lebih menarik. Begitu pula dari segi musik dan kecepatan akses internet. Dengan layar besarnya, berbagai aplikasi dan nge-game di Nokia 5800 dapat dinikmati dengan nyaman. Tapi, resikonya batere jadi lebih boros. Lalu, sistem operasi Nokia 5800 boleh dibilang belum stabil sehingga terkadang hang atau lemot. Sementara Nokia 5730 lebih fleksibel karena punya dua keypad, jadi bisa dipakai mengetik dua tangan secara cepat lewat qwerty atau satu tangan lewat keypad biasa.

Internet Murah, WAP dan HTML
Aku ada dua pertanyaan ni. Hp apa yang cepat untuk download internet yang harganya lumayan murah? Lalu, apa beda WAP dengan HTML? Tks…

Jawab :

Anda bisa gunakan hape yang minimal sudah berteknologi 3G, lebih baik lagi kalau sudah HSDPA (untuk GSM) atau EVDO (untuk CDMA). Info detailnya bisa dilihat disini. Untuk nomor GSM, banyak pilihan kok, tapi untuk nomor CDMA pilihannya memang agak sedikit. Anda bisa gunakan K-Touch E329 (bundling Smart) atau hape-hape dari Smart.
Secara sederhana, HTML adalah bahasa program yang memugkinkan Anda bisa melihat dan menikmati isi sebuah situs seperti di layar komputer. Namun, saat ini, banyak pula hape yang sudah sanggup menampilkan isi situs dengan format HTML penuh seperti di layar komputer. Adapun WAP adalah penyerdehanaan dari bahasa HTML, dan umumnya bisa dinikmati di layar hape karena lebih ringkas dan lebih ringan.

Layar Sentuh Kapasitif dan Resistif
Numpang nanya nih. Bagus mana layar sentuh kapasitif or resistif? Apa yang menyebabkan kerusakan pada layar sentuh? Apakah LCD-nya mahal? Thank u….

Jawab :

Kedua layar sentuh ini memiliki ciri masing-masing. Layar sentuh kapasitif lebih sensitive terhadap jari-jari kita, karena ada tegangan listrik kecil yang muncul dari jari. Alhasil, layar hape kapasitif seperti iPhone, terasa sangat responsif saat disentuh dengan jari. Namun, layar kapasitif ini tidak bisa diakses dengan alat lain seperti stylus, sehingga agak merepotkan saat tangan kotor atau untuk mengakses menu yang berukuran kecil. Sebaliknya, layar resistif kurang sensitif terhadap jari, meskipun tetap bisa disentuh dengan jari. Layar resistif mendukung multi touch, jadi bisa diakses lewat sentuhan jari, stylus, atau bahkan pulpen.
Layar sentuh rusak terutama disebabkan karena benturan fisik, seperti terjatuh, tertekan benda keras, atau ditekan terlalu keras. Yupp, betul banget!!! Layar LCD tergolong mahal, tergantung tipe hapenya. Harganya mulai dari sekitar sejuta rupiah ( bisa buat beli hape baru/seken lagi kan?..hehehehe…)

GPS dan A-GPS
Hai mau nanya nih… Apa sih yang dimaksud dengan GPS dan A-GPS? Thx 

Jawab :

GPS (Global Positioning System) adalah penentu lokasi yang berbasis satelit, jadi koordinat yang diperoleh adalah murni dari sinyal satelit yang tertangkap. Hal ini akan menemui masalah saat hape berada didalam gedung atau terowongan dimana sinyal satelit tidak bisa tertangkap. Nah, disinilah A-GPS berperan. A-GPS (Assisted GPS) adalah bantuan dari sinyal operator untuk menentukan lokasi berdasarkan Cell-ID. Namun, untuk bisa menikmati penentu lokasi berbasis operator ini, layanan mesti diaktifkan dulu oleh operator yang bersangkutan. Jika tidak, di lokasi tanpa sinyal satelit, tetap tidak bisa terdeteksi meskipun hapenya mendukung A-GPS.

BlackBerry Asli dan Palsu
Mo nanya, gimana sih bedain BB yang asli sama yang palsu? Thanks ya…

Jawab :

Sebenarnya tidak ada BB yang palsu. Yang ada adalah hape-hape merek lokal yang membuat desain mirip atau persis dengan BB. Jika masuk ke menu-menunya, tentu mulai terlihat perbedaannya, seperti jenis huruf, menu-menu yang ditampilkan dll. Merek yang tertera diatas layar, juga tidak ada yang sama persis, yaitu BlackBerry. Merek yang mendekati nama BB misalnya, BlueBerry. Nah, untuk hape BlackBerry yang aslipun masih ada hal penting yaitu apakah nomor PIN yang ada di BBnya sudah benar-benar bebas (tidak suspended). Jika belum, hal itu akan merepotkan dan nantinya BB hanya akan bisa dipakai untuk telepon dan SMS saja. Alias layanan BB yang lain seperti, BB Messenger, email, chating tidak bisa digunakan. Oh ya, PIN suspended merupakan keadaan dimana handset BB tersebut PIN-nya telah terblokir. Mau tahu cara mendeteksi BB dengan kondisi PIN suspended atau tidak? Caranya gini, pertama, masukkan kartu yang telah diaktifkan layanan BlackBerrynya (bisa pinjam punya teman yang sudah punya BB), kedua, masuk ke menu [Option]>[Security]>[General Option]>[Wipe Handheld], ketiga, perhatikan symbol “gprs”, “edge”, atau “3g” dikanan atas layar BB Anda, jika ditulis dalam huruf kecil, bisa dipastikan handset BB yang sedang Anda pakai mengalami PIN suspended. Jadi, agar lebih aman lebih baik membeli BB resmi di outlet operator.

Nokia 3120 Classic
Aku mau nanya plus n minus Nokia 3120C, terus bisa nggak N3120C di tambahin aplikasi share on ovi dari Nokia? Thx…

Jawab :

Plusnya Nokia 3120C antara lain, sudah mendukung 3G, bisa untuk video call, batere awet, kualitas musik oke, layar mantap, keypad nyaman. Minusnya, hasil kamera kurang, kabel data harus dibeli terpisah, hanya ada jack audio 3.5mm. Nokia 3120C bisa kok memanfaatkan aplikasi Share Ovi. 

Tidak ada komentar