Header Ads

ad

Google Googles : Pencarian Lewat Gambar

Google, nama yang sudah tidak asing lagi untuk para netter. Hare gene rasanya tak ada yang tak kenal Google. Salah satu dari beberapa search engine yang ngetop dipakai untuk mencari apapun di jagad dunia maya.

Nah, bila kita ingin mencari sebuah informasi biasanya kita harus mengetikkan kata/keyword di kolom pencarian Google, tapi sekarang ada cara baru yang lebih seru untuk dijajal. Apakah itu? Yupp…pencarian dengan menggunakan foto. Google Googles akan memanfaatkan foto yang kita jepret dengan kamera hape untuk mencari informasinya di web. Kata Google, cara ini lebih ideal untuk mencari sesuatu yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.
Bagaimana cara pakainya? Cukup buka aplikasinya, jepret foto, lalu tunggu hasil informasi pencariannya. Gampang kan?
Agar hasil pencarian lebih baik, usahakan menempatkan hape pada mode landscape kiri, lalu pencet tombol shutter di layar dengan jempol kanan. Sebaiknya obyek berada di area yang berpencahayaan cukup. Kalau perlu, obyek di zoom, asal jangan sampai terlihat buram. Maka selanjutnya akan menampilkan halaman hasil pencarian berupa Web Result, Text Matches, Similar Images, Other Matches, dan Suggested Result.
Tapi kalau kita coba menjepret kartu nama, maka yang muncul adalah link ke nama orang, email atau nomor telepon, URL perusahaan atau pilihan untuk memasukkannya ke kontak di hape. Sementara hasil pencarian barcode akan mengarah ke link Google Product Search.

Sejauh ini Google Googles baru berfungsi dengan baik pada tipe pencarian tertentu, antara lain seperti DVD dan buku, logo, landmark, karya seni, info kontak, produk-produk bisnis, barcode, teks juga bisa. Namun aplikasi ini belum lancar untuk mengenali tanaman, foto hewan, mobil, dan pakaian.

Sayangnya lagi, Google Googles baru tersedia untuk hape yang bersistem operasi Android 1.6 keatas. Bagi yang berhape Android, cek saja versinya dari Setting>About phone>Firmware version.
Selamat mencoba!!

Tidak ada komentar